Oleh : Saifur Rizal.SS/S.Hum
Pembisnis Harus punya jalan ke Surga.
banyak pembisnis/ pengusaha/ pekerja yang bertujuan hanya mendapatkan harta, menumpuknya bahkan berfoya-foya dan bergaya pesta. orang seperti ini adalah manusia yang menjual dirinya pada nafsunya.
Nabi Muhammad SAW : Pemegang Konsep Manajemen Bisnis yang melampaui zamannya, Rasul mengunakan konsep zaman Modern yang sekarang ini di agung agungkan, padahal 1400 tahun yang lalu konsep ini sudah rasul lakukan.4 sifat yang dimiliki Rasul harus di miliki oleh manusia terutama orang-orang muslim, ager hidupnya sukses akhirat dan dunianya.
Sebagai
Rasul terakhir Allah SWT, Nabi Muhammad SAW tercatat dalam sejarah
adalah pembawa kemaslahatan dan kebaikan yang tiada bandingan untuk
seluruh umat manusia. Bagaimana tidak karena Rasulullah SAW telah
membuka zaman baru dalam pembangunan peradaban dunia. Beliaulah adalah
tokoh yang paling sukses dalam bidang agama (sebagai Rasul) sekaligus
dalam bidang duniawi (sebagai pemimpin negara dan peletak dasar
peradaban Islam yang gemilang selama 1000 tahun berikutnya).
Kesuksesan Rasulullah SAW itu sudah banyak dibahas dan diulas oleh para
ahli sejarah Islam maupun Barat. Namun ada salah satu sisi Muhammad SAW
ternyata jarang dibahas dan kurang mendapat perhatian oleh para ahli
sejarah maupun agama yaitu sisinya sebagai seorang pebisnis ulung.
Padahal manajemen bisnis yang dijalankan Rasulullah SAW hingga kini
maupun di masa mendatang akan selalu relevan diterapkan dalam bisnis
modern. Setelah kakeknya yang merawat Muhammad SAW sejak bayi wafat,
seorang pamannya yang bernama Abu Thalib lalu memeliharanya.
Abu
Thalib yang sangat menyayangi Muhammad SAW sebagaimana anaknya sendiri
adalah seorang pedagang. Sang paman kemudian mengajari Rasulullah SAW
cara-cara berdagang (berbisnis) dan bahkan mengajaknya pergi bersama
untuk berdagang meninggalkan negerinya (Makkah) ke negeri Syam (yang
kini dikenal sebagai Suriah) pada saat Rasulullah SAW baru berusia 12
tahun. Tidak heran jika beliau telah pandai berdagang sejak berusia
belasan tahun. Kesuksesan Rasulullah SAW dalam berbisnis tidak terlepas
dari kejujuran yang mendarah daging dalam sosoknya.
Kejujuran itulah
telah diakui oleh penduduk Makkah sehingga beliau digelari Al Shiddiq.
Selain itu, Muhammad SAW juga dikenal sangat teguh memegang kepercayaan
(amanah) dan tidak pernah sekali-kali mengkhianati kepercayaan itu.
Tidak heran jika beliau juga mendapat julukan Al Amin (Terpercaya).
Menurut sejarah, telah tercatat bahwa Muhammad SAW melakukan lawatan
bisnis ke luar negeri sebanyak 6 kali diantaranya ke Syam (Suriah),
Bahrain, Yordania dan Yaman. Dalam semua lawatan bisnis, Muhammad selalu
mendapatkan kesuksesan besar dan tidak pernah mendapatkan kerugian.
Lima dari semua lawatan bisnis itu dilakukan oleh beliau atas nama
seorang wanita pebisnis terkemuka Makkah yang bernama Khadijah binti
Khuwailid. Khadijah yang kelak menjadi istri Muhammad SAW, telah lama
mendengar reputasi Muhammad sebagai pebisnis ulung yang jujur dan teguh
memegang amanah. Lantaran itulah, Khadijah lalu merekrut Muhammad
sebagai manajer bisnisnya. Kurang lebih selama 20 tahun sebelum diangkat
menjadi Nabi pada usia 40 tahun, Muhammad mengembangkan bisnis Khadijah
sehingga sangat maju pesat. Boleh dikatakan bisnis yang dilakukan
Muhammad dan Khadijah (yang menikahinya pada saat beliau berusia 25
tahun) hingga pada saat pengangkatan kenabian Muhammad adalah bisnis
konglomerat.
Pola manajemen bisnis apa yang dijalankan Muhammad SAW
sehingga bisnis junjungan kita itu mendapatkan kesuksesan spektakuler
pada zamannya ? Ternyata jauh sebelum para ahli bisnis modern seperti
Frederick W. Taylor dan Henry Fayol pada abad ke-19 mengangkat prinsip
manajemen sebagai sebuah disiplin ilmu, ternyata Rasulullah SAW telah
mengimplementasikan nilai-nilai manajemen modern dalam kehidupan dan
praktek bisnis yang mendahului masanya. Berdasarkan prinsip-prinsip
manajemen modern, Rasulullah SAW telah dengan sangat baik mengelola
proses, transaksi, dan hubungan bisnis dengan seluruh elemen bisnis
serta pihak yang terlihat di dalamnya.
Seperti dikatakan oleh Prof.
Aflazul Rahman dalam bukunya “Muhammad: A Trader” bahwa Rasulullah SAW
adalah pebisnis yang jujur dan adil dalam membuat perjanjian bisnis. Ia
tidak pernah membuat para pelanggannya mengeluh. Dia sering menjaga
janjinya dan menyerahkan barang-barang yang dipesan dengan tepat waktu.
Muhammad SAW pun senantiasa menunjukkan rasa tanggung jawab yang besar
dan integritas yang tinggi dalam berbisnis. Dengan kata lain, beliau
melaksanakan prinsip manajemen bisnis modern yaitu kepuasan pelanggan
(customer satisfaction), pelayanan yang unggul (service exellence),
kemampuan,efisiensi, transparansi (kejujuran), persaingan yang sehat dan
kompetitif.
Dalam menjalankan bisnis, Muhammad SAW selalu
melaksanakan prinsip kejujuran (transparasi). Ketika sedang berbisnis,
beliau selalu jujur dalam menjelaskan keunggulan dan kelemahan produk
yang dijualnya. Ternyata prinsip transparasi beliau itu menjadi
pemasaran yang efektif untuk menarik para pelanggan. Beliau juga
mencintai para pelanggannya seperti mencintai dirinya sehingga selalu
melayani mereka dengan sepenuh hatinya (melakukan service exellence) dan
selalu membuat mereka puas atas layanan beliau (melakukan prinsip
customer satisfaction).
Dalam melakukan bisnisnya, Muhammad SAW
tidak pernah mengambil margin keuntungan sangat tinggi seperti yang
biasa dilakukan para pebisnis lainnya pada masanya. Beliau hanya
mengambil margin keuntungan secukupnya saja dalam menjual
produknya.Ternyata kiat mengambil margin keuntungan yang dilakukan
beliau sangat efektif, semua barang yang dijualnya selalu laku dibeli.
Orang-orang lebih suka membeli barang-barang jualan Muhammad daripada
pedagang lain karena bisa mendapatkan harga lebih murah dan berkualitas.
Dalam hal ini, beliau melakukan prinsip persaingan sehat dan kompetitif
yang mendorong bisnis semakin efisien dan efektif.
Boleh dikatakan
Rasulullah SAW adalah pelopor bisnis yang berdasarkan prinsip kejujuran,
transaksi bisnis yang adil dan sehat. Beliau juga tidak segan
mensosialisasikan prinsip-prinsip bisnisnya dalam bentuk edukasi dan
pernyataan tegas kepada para pebisnis lainnya.
Ketika menjadi kepala
negara, Rasulullah SAW mentransformasikan prinsip-prinsip bisnisnya
menjadi pokok-pokok hukum. Berdasarkan hal itu, beliau melakukan
penegakan hukum pada para pebisnis yang nakal. Beliau pula yang
memperkenalkan asas “Facta Sur Servanda” yang kita kenal sebagai asas
utama dalam hukum perdata dan perjanjian. Di tangan para pihaklah
terdapat kekuasaan tertinggi untuk melakukan transaksi bisnis yang
dibangun atas dasar saling setuju.
Berdasarkan apa yang dibahas di
atas ini, jelas junjungan yang kita cintai itu adalah pebisnis yang
melaksanakan manajemen bisnis yang mendahului zamannya. Bagaimana tidak
karena prinsip-prinsip manajemen Rasulullah SAW baru dikenal luas dan
diimplementasikan para pebisnis modern sejak abad ke-20, padahal
Rasulullah SAW hidup pada abad ke-7. Pakar manejemen bisnis terkemuka
Indonesia, Rhenald Kasali pun mengakuinya dengan mengatakan bahwa semua
bisnis yang diinginkan niscaya juga akan sukses jika mau menduplikasi
karakter Muhammad SAW dalam berbisnis. Dengan begitu, kita dapat
mengatakan kepada pelaku bisnis, “Ingin bisnis sukses, jalankan
manajemen bisnis Muhammad SAW!”
jangan seperti orang kafir, orang muslim yang munafiq yang lebih mengambil keuntungan besar sekalipun harus menyakiti, menghianati dan membohonggi orang yang membantunya sehingga bisa, membohongi dan menghianati orang lain dan pelanggannya demi sebuah nafsu dan kesenagan dunia.
ya... Allah jaga dan lindunggi hati dan kehidupan kami agar selalu bergerak dan terus berusaha untuk berjalan sesuai dengan jalanMu, tambahkan pada kami ilmu dan ketakwaan.
Ilmu Populer banyak yang membaca
-
TAHUN 2015 BAGI PECINTA GERABAH DAN KERAMIK INI SAATNYA TAMPIL BEDA UNTUK MEMBERIKAN PERBEDAAN. Seni Gerabah dan keramik Ragiel Ababil teru...
-
Pusat Wisata Interpreneur oleh : SUNARDIYANTO.S.Com Berawal dari memenuhi kebutuhan kehidupan sehari-hari masyarakat Desa Besuk Keca...
-
Oleh: Saifur Rizal. S.Hum Gerabah Ragiel Ababil. merupakan generasi ke 5 dari seni kerajinan Tanah di Besuk, menurut sesepuh yang saa...
-
HARGA TERBARU MAGIC POT NOVEMBER 2015 SAMPAI 2016 OLEH: Saifur Rizal.S.Hum harga pot/vas bunga untuk luar Jawa Timur di tahun 2016 dan...
-
saya ada diciptakan oleh Allah SWT bukan untuk bergaya dan lain sebagainya, saya diadakan karena harus memberi manfaat buat banyak orang dan...
-
OLEH : Mujiburrahman.S.Com Dosen.Sekolah Tinggi Tekhnologi dan Stikes Nurul Jadid Gerabah adalah perkakas yang terbuat dari tana...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar