Ilmu Populer banyak yang membaca

Rabu, 19 November 2014

MENGENAL SAIFUR RIZAL.

 Oleh : Samsuri . ( marketting dan Manejer ) Gerabah Ragiel Ababil


SAIFUR RIZAL.SS/S.Hum
Umur : 32 tahun
anak terakhir dari 4 saudara, 2 perempuan 2 lelaki.


Pendidikan : TK,MI, MTs, MA di Bahrul Ulum Besuk. Pernah Kuliah di STAIN/Universitas Indonesia Sudan/UIN Malang. lulus 2013. Pendidikan di Unzah Gengong,2005 S2 BK Kanjuruhan malang 2008.
jabatan yang pernah di amanahkan: 1999-2001 Ketua Pengembagan Pendidikan Komputer M.Min Fadilillah Malang, Ketua Pemuda Intelektual Dinoyo malang. 2001 - 2003 Kabid Filsafat dan Politik Luar kampus HMI Bahasa Malang, Ketua Pengembangan Potensi Pemuda HMI Bahasa UIIS Malang. 2005-2008 Bendahara Umum HKTI Probolinggo, 2007-2009 Ketua LSM Penegak Demokrasi, Perlindungan Konsumen dan Pengawasan Pendidikan. Kepala dan Wakil Kepala Sekolah di SMA ZahaIII Krejingan, Ketua P3I ( Penelitian pengembangan  Pendidikan Islam ) Yayasan Bahrul Ulum Besuk, Ketua KIRAP Kreativitas Remaja dan  pemuda Kabupaten Probolinggo. sekarang, Motivator Nilai Tauhid dalam kehidupan, Psikater Psikologi Qur an, KAHMI bagian Ekonomi,, Pendidikan dan Budaya, Direktur Kursus Komputer, Bahasa Asing dan Kerajinan. Ketua Himpunan Klaster Pengrajin Gerabah Ragiel Ababil. bahkan sekarang menjadi bapak 1 anak. dan hampir 99% semua kursus ini untuk remaja pelajar apa lagia nak miskin dan yatim GRATIS tanpa di pungut biaya.
pemuda ini, dalam cerita banyak teman kuliahnya sambil jualan dan kerja sayuran di pasar dinoyo juga bermacam kerjan lain diwaktu senggang, terkadang, jamu Barokah, bakso dan gorengan yang tidak kenal gengsi. Pemuda ini orang yang tidak kenal lelah apalagi bila masalah Agama, dan Bangsa yang berorentasi pada kesejahreraan masyarakat apapun akan dikorbankan, diperjuangkan, dengan watak yang tidak bisa dirubah, dengan warna kehidupan yang sudah di atur oleh Allah SWT, jika salah ya salah jikan benar ya di pertahankan apapun resikonya. pemuda ini orang yang selalu mengatakan disetiap acara, pertemuan, pelatihan dan hampir setiap metting dengan teman-teman karyawan  jangan pernah mau dan suka disanjung apa lagi di puja manusia dalam setiap yang dilakukan atau dikerjakan, karena prinsip dia adalah: sanjungan dan pujaan hanyalah milik Allah SWT, dari pada dikenal oleh kalangan manusia lebih enak dan lebih sepurna di kenal dan banggakan oleh kalangan para malaikat efeknya lebih besar dalam tatanan kehidupan dimasa depan. urusan  akhirat dan dunia. dia berprinsip " tanamlah padi maka pasti rumput ikut tumbuh didalamnya, dan jangan nanam rumput berharap padi tumbuh bersamanya".
dari jiwa dia ini dalam desa banyak pemuda menjadikan dia sebagai contoh dan votivasi sehingga mulai banyak anak-anak pengrajin gerbah mau sekolah hingga jadi serjana.
dan sepakterjangnya dalam mengangkat Ekonomi Masyarakat Pengrajin sunguh  luar biasa bisa dikatakan banyak tidak bisa dilakukan oleh orang lain. dari banyaknya tantangan, cobaan dan banyaknya kegigihan dan pengorbanya dia, dalam sejarah harga gerabah yang tidak pernah naik-naik sekarang mampu naik hingga 50% bahkan sudah tidak ada harga lagi yang Rp. 500. alat-alat dapur itu. dia tidak kenal lelah menimba ilmu di pengrajin seluruh indonesia, jawa barat, jawa tengah, jawa timur bahkan ke Lombok di banyumulek.untuk biaya-biaya ini dia dengan  menjual computer, HP bahkan Sepeda yang dimilikinya,  lalu dia mengajarkan pada saudara, panaan, anak-anak dan pada pengrajin yang mau merubah lebih baik kedepan.bahkan juga peneliti dan mempelajari yang dibantu oleh para teman-teman mahasiswa dan Dosen yang ada dimalang, jember terutama yang ada di sekolah tinggi Tekhnologi Nurul Jadid Paiton sehingga banyak menemukan macam-macan tanah, alat-alat baru yang sekiranya mampu mempercepat dan perbaiki kualitas produksi. Pada 2013-2014 ini produk gerbah Ragiel Ababil tidak hanya mampu di wilayah Propensi jatim bahkan sudah ke NTT, Aceh, Bali dan bahkan contoh-contohnya sudah masuk ke kawasan Asia dan Eropa namun harus banyak memperbaiki kualitas produk dan desain yang diinginkan fihak investor.
dari hasil perjuangan dan pengurbanan ini sudah mampu mengangkat nilai ekonomi masyarakat Besuk Kidul.
cita-cita kedepan ingin cepat nilai ekonomi yang bagus juga ingin menjadikan Desa Besuk Kidul Sebagai tempat Wisata Isnterpreneur Asia, apa ini mungkin? begitu banyak teman-teman bertanya, jawaban dia apa yang tidak mungkin kalau Allah yang menginkan. karena tidak ada didunai ini sebagai kebetulan.
juga pemuda ini ingin memasukan Gerabah kedalam pendidikan wira usaha di sekolah.karena didalamnya ada nilai estetika dan keahlian atau keterampilan dan kecerdasan. yang sudah di perispakan kedepan. memperbanyak alat Putar, cetakan pelet dan tekan, membuat tempat penyimpanan bahan jadi dan setengah jadi dari semua pengrajin untuk antisipasi tengkulak yang seenaknya sendiri, dua showroom di Desa dan di Jalan Pantura menuju Bali.dan tempat pelatihan untuk para Pelajar/anak sekolah.
hasil diskusi dengan teman-teman seperjuangan probolinggo sebagai kota mangga dan anggur mulai berlahan akan punah dikarenakan msyarakat menjadikan kebun-kebun mangga dan anggur itu sebagai lahan kayu sepeti pohon kayu sengon, sehingga saifyr Rizal, lebih berorentasi pada aikon Wisata Bromo dan PLTU sehingga untuk guci kebanyakan gambar bromo dan PLTU sebagai oleh-oleh Probolinggo. semua Produk akan berlebel atau setempel R.A. sebagai tanda itu produksi Besuk Probolinggo.
semoga perjuangan dan pengorbanan pemuda ini, bisa menjadi semangat kita kedepan.untuk bisa memberi yang terbaik pada orang lain.amin.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar